7 Kebiasaan yang Bikin Gigi Tak Cantik Lagi, Sungguh Tidak Disangka Sangka..!!!

post-feature-imageSemua orang pasti setuju bahwa senyum menawan yang berasal dari gigi yang kuat dan gusi yang sehat terasa sedap dipandang. Apalagi jika disertai dengan napas yang segar

7 Kebiasaan yang bikin gigi tak cantik lagi, Sungguh Tidak Disangka Sangka - Semua orang pasti setuju bahwa senyum menawan yang berasal dari gigi yang kuat dan gusi yang sehat terasa sedap dipandang. Apalagi jika disertai dengan napas yang segar.



Tak cukup hanya dengan gosok gigi secara rutin atau berkumur dengan mouthwash, kamu juga wajib menghindari beberapa kebiasaan buruk berikut yang mampu merusak kesehatan gigi dan gusimu.


Menggunakan sikat gigi lama

Menggosok gigi dengan sikat gigi yang sudah lama umurnya adalah kebiasaan buruk yang paling umum dilakukan. Baiknya, kamu segera mengganti sikat gigi setelah lebih dari 3 bulan pemakaian. Sebab sikat gigi tua memiliki bulu yang lusuh dan tidak efektif digunakan untuk membersihkan gigi.

Terlalu cepat menggosok gigi

Selain teknik dalam menggosok gigi, kamu juga harus memperhatikan durasi menggosok gigi. Kamu disarankan untuk menggosok gigi setidaknya selama 3 menit agar proses pembersihan berlangsung lebih maksimal.

Terlalu sering menggosok gigi

Menggosok gigi terlalu sering ternyata juga berbahaya. Sebab tindakan yang berlebihan ini akan menyebabkan erosi pada enamel gigi.

Tidak membersihkan lidah

Lidah adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesehatan gigi. Kebanyakan orang melewatkan untuk membersihkan lidah ketika menggosok gigi mereka. Padahal lidah yang jarang dibersihkan akan membuat kuman menumpuk yang akhirnya bisa membuat gigi berlubang dan napas bau.

Berlebihan konsumsi cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat luar biasa yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Sebab minum cuka apel akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Namun kandungan asam asetat dalam cuka apel akan menyebabkan erosi email gigi yang membuat sensitivitas gigi jadi lebih lemah.

Merokok

Merokok tak hanya merugikan paru-paru, jantung, serta sistem kardiovaskular saja. Merokok pun bisa menyebabkan masalah gigi dan gusi seperti resesi gusi, gigi keropos, dan kekuatan gigi berkurang. Oleh karena itu hentikan kebiasaan merokok jika kamu ingin punya gigi kuat dan sehat.

Kurang mengonsumsi kalsium dan vitamin D

Mineral sangatlah penting untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi. Sehingga penuhi kebutuhan mineral seperti kalsium dan vitamin D.

Selain menjauhi kebiasaan di atas, jangan lupa untuk selalu mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigimu. [feb] ( Merdeka.com )
 

Subscribe to receive free email updates: