Bolehkah Tarawih Sendirian? Ini Jawabannya
Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,
para ulama menegaskan kalau shalat tarawih boleh dikerjakan seorang diri di rumah tanpa berjamaah. an - nawawi menegaskan,
أما حكم المسألة فصلاة التراويح سنة بإجماع العلماء … وتجوز منفردا وجماعة
hukum menimpa permasalahan tarawih, kalau shalat tarawih hukumnya sunah dengan setuju ulama, dan juga boleh dikerjakan seorang diri ataupun berjamaah. (al - majmu’ syarh muhadzab, 4/31)
mana yang lebih afdhal: jamaah ataukah sendirian?
cuma aja ulama berubah komentar, mana trik mengerjakan tarawih yang lebih afdhal: seorang diri di rumah ataukah berjamaah di masjid. an - nawawi mengatakan perselisihan ini,
واختلفوا في أن الأفضل صلاتها منفردا في بيته أم في جماعة في المسجد فقال الشافعي وجمهور أصحابه وأبو حنيفة وأحمد وبعض المالكية وغيرهم الأفضل صلاتها جماعة كما فعله عمر بن الخطاب والصحابة رضي الله عنهم واستمر عمل المسلمين عليه لأنه من الشعائر الظاهرة فأشبه صلاة العيد
ulama berubah komentar tentang mana trik pengerjaan tarawih yang afdhal, dikerjakan seorang diri di rumah ataukah berjamaah di masjid. imam syafi’i, beserta kebanyakan ulama syafi’iyah, imam abu hanifah, imam ahmad dan juga sebagian ulama malikiyah berkomentar kalau lebih afdhol shalat tarawih dilaksanakan secara berjama’ah. sebagaimana yang dicoba umar bin khattab dan juga para teman radhiyallahu ‘anhum. kalangan muslimin juga terus menerus melaksanakan shalat ini secara berjama’ah karna menggambarkan syi’ar islam yang terlihat sampai - sampai seragam dengan shalat ‘id.
setelah itu, an - nawawi mengatakan komentar kedua,
وقال مالك وأبو يوسف وبعض الشافعية وغيرهم الأفضل فرادى في البيت لقوله صلى الله عليه وسلم أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة
sedangkan imam malik, abu yusuf, sebagian ulama syafiiyah, dan juga yang yang lain, berkomentar kalau yang afdhal dikerjakan sendiri - sendiri di rumah. bersumber pada sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”shalat yang amat afdhal merupakan shalat yang dikerjakan seorang di rumahnya. kecuali shalat harus. ” (syarh shahih muslim, 6/39)
tarjih (penentuan komentar yang kokoh)
insyaaallah komentar yang lebih mendekati dalam permasalahan ini merupakan komentar yang menyarankan supaya shalat tarawih dikerjakan secara berjamaah. dengan sebab,
1. hadis dari abu dzar radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ، فَإِنَّهُ يَعْدِلُ قِيَامَ لَيْلَة
“barangsiapa yang shalat tarawih berjamaah berbarengan imam sampai tuntas, hingga ia menemukan pahala shalat tadi malam penuh. ” (hr. nasai 1605, ibn majah 1327 dan juga dishahihkan al - albani).
2. praktek para teman yang dicoba semenjak era umar bin khatab radhiyallahu ‘anhu sampai saat ini, sampai - sampai shalat tarawih berjamaah sudah jadi penggalan dari syiar islam dan juga kalangan muslimin.
3. tidak seluruh shalat sunah diajarkan buat dikerjakan seorang diri di rumah. terdapat shalat sunah yang cuma dapat dikerjakan secara berjamaah, serupa shalat gerhana, shalat ’id, bila kita menyangka shalat ini hukumnya sunah. tercantum shalat tarawih lebih diajarkan buat dikerkajan secara berjamaah.
allahu a’lam
( sumber: konsultasisyariah. com )
para ulama menegaskan kalau shalat tarawih boleh dikerjakan seorang diri di rumah tanpa berjamaah. an - nawawi menegaskan,
أما حكم المسألة فصلاة التراويح سنة بإجماع العلماء … وتجوز منفردا وجماعة
hukum menimpa permasalahan tarawih, kalau shalat tarawih hukumnya sunah dengan setuju ulama, dan juga boleh dikerjakan seorang diri ataupun berjamaah. (al - majmu’ syarh muhadzab, 4/31)
mana yang lebih afdhal: jamaah ataukah sendirian?
cuma aja ulama berubah komentar, mana trik mengerjakan tarawih yang lebih afdhal: seorang diri di rumah ataukah berjamaah di masjid. an - nawawi mengatakan perselisihan ini,
واختلفوا في أن الأفضل صلاتها منفردا في بيته أم في جماعة في المسجد فقال الشافعي وجمهور أصحابه وأبو حنيفة وأحمد وبعض المالكية وغيرهم الأفضل صلاتها جماعة كما فعله عمر بن الخطاب والصحابة رضي الله عنهم واستمر عمل المسلمين عليه لأنه من الشعائر الظاهرة فأشبه صلاة العيد
ulama berubah komentar tentang mana trik pengerjaan tarawih yang afdhal, dikerjakan seorang diri di rumah ataukah berjamaah di masjid. imam syafi’i, beserta kebanyakan ulama syafi’iyah, imam abu hanifah, imam ahmad dan juga sebagian ulama malikiyah berkomentar kalau lebih afdhol shalat tarawih dilaksanakan secara berjama’ah. sebagaimana yang dicoba umar bin khattab dan juga para teman radhiyallahu ‘anhum. kalangan muslimin juga terus menerus melaksanakan shalat ini secara berjama’ah karna menggambarkan syi’ar islam yang terlihat sampai - sampai seragam dengan shalat ‘id.
setelah itu, an - nawawi mengatakan komentar kedua,
وقال مالك وأبو يوسف وبعض الشافعية وغيرهم الأفضل فرادى في البيت لقوله صلى الله عليه وسلم أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة
sedangkan imam malik, abu yusuf, sebagian ulama syafiiyah, dan juga yang yang lain, berkomentar kalau yang afdhal dikerjakan sendiri - sendiri di rumah. bersumber pada sabda nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”shalat yang amat afdhal merupakan shalat yang dikerjakan seorang di rumahnya. kecuali shalat harus. ” (syarh shahih muslim, 6/39)
tarjih (penentuan komentar yang kokoh)
insyaaallah komentar yang lebih mendekati dalam permasalahan ini merupakan komentar yang menyarankan supaya shalat tarawih dikerjakan secara berjamaah. dengan sebab,
1. hadis dari abu dzar radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ، فَإِنَّهُ يَعْدِلُ قِيَامَ لَيْلَة
“barangsiapa yang shalat tarawih berjamaah berbarengan imam sampai tuntas, hingga ia menemukan pahala shalat tadi malam penuh. ” (hr. nasai 1605, ibn majah 1327 dan juga dishahihkan al - albani).
2. praktek para teman yang dicoba semenjak era umar bin khatab radhiyallahu ‘anhu sampai saat ini, sampai - sampai shalat tarawih berjamaah sudah jadi penggalan dari syiar islam dan juga kalangan muslimin.
3. tidak seluruh shalat sunah diajarkan buat dikerjakan seorang diri di rumah. terdapat shalat sunah yang cuma dapat dikerjakan secara berjamaah, serupa shalat gerhana, shalat ’id, bila kita menyangka shalat ini hukumnya sunah. tercantum shalat tarawih lebih diajarkan buat dikerkajan secara berjamaah.
allahu a’lam
( sumber: konsultasisyariah. com )