Saat Suamiku Dalam Kekurangan, Hanya Doa yang Bisa Aku Berikan

Jadi seseorang bunda dirumah, merangkap manager individu dari para suami, benar tidaklah pekerjaan gampang untuk seseorang istri. butuh banyak tenaga, ketelatenan dan juga persediaan tabah yang cukup buat senantiasa normal mengendalikan keuangan terlebih bila benar realitas tengah menempatkan kita ditengah ketiadaan.

seribu satu pemikiran ialah kombinasi dari ketelitian, kreativitas, keuletan, kepuyengan dan juga kerasa syukur di tampilkan demi senantiasa berputarnya ekonomi keluarga.

benar, siapa yang mampu dengan gampang berkompromi dengan perut yang lapar?. batin kita juga tentu bukanlah tega kala wajib mendengar rintihan suara kelaparan dan juga ketiadaan dari anak - anak kita.

tetapi, marah, keluhan terlebih hingga memaki suami, bukanlah hendak memudahkan jalur keluar, malah hendak terus menjadi menaikkan permasalahan, dan juga dosa juga tentu tercatat buat kita.

bersabar, benar bukan perihal yang gampang. dan juga hendak merasa lebih berat paling utama apabila seseorang istri cuma senantiasa dan juga senantiasa mengingat ketiadaan dan juga kejelekan suami dan alpa nya kerasa syukur terhadap apa yang telah sulit payah seseorang suami perjuangkan. dan juga, cukuplah hadits rasulullah shollallohu `alaihi wassalam berikut jadi nasehat buat kita para istri,

“saya memandang neraka yang tidak sempat saya amati serupa hari ini. dan juga aku memandang penunggu paling banyak dari golongan perempuan. ”

mereka (para teman) bertanya, “kenapa wahai rasulullah? ”

dia bersabda, “karena pengingkaran mereka. ”

dia ditanya, “apakah karna ingkar kepada allah? ”

dia bersabda, “mereka membangkang dan juga mengingkari kebaikan suami. bila engkau berbuat baik kepada salah seseorang di antara mereka sejauh tahun, kemudian dia memandang darimu suatu (yang tidak disukai) , hingga dia mengatakan, aku belum sempat memandang darimu kebaikan sama sekali. ” (riwayat bukhari)

allah hendak tersenyum kala memandang seseorang istri yang senantiasa mendampingi suami tidak cuma dikala suaminya bersuka cita. mulianya seseorang istri malah nampak kala ia juga setia mendampingi di dikala suaminya berduka ataupun ditimpa kesulitan.

keteduhan jiwa si istri hendak nampak nyata kala ia berupaya menghiburnya, dan juga mendorongnya buat berulang bergairah. bahwa bukan kamu, siapa lagi.

seperti itu suatu pelajaran berharga yang dicontohkan ummul mukminin khadijah, yang berupaya menghibur dan juga menenangkan hati rasulullah shollallohu alaihi wa sallam kala kesatu kali menerima wahyu.

memanglah seseorang laki - laki diciptakan kokoh buat mengalami tantangan yang lebih berat di luar. merekapun dilengkapi allah dengan rahmat logika yang lebih kokoh.

tetapi begitu, mereka tetaplah manusia biasa. suamipun kadangkala diuji dalam pekerjaannya. semisal usahanya bangkrut, dan juga orang - orang yang dahulu menjalakan ikatan kerja sama dengannya, banyak yang meninggalkannya.

dapat pula dia diuji dengan sesuatu penyakit yang cukup parah, sampai - sampai banyak orang meninggalkannya. bagaikan seorang yang ditafsirkan bagaikan setengah jiwanya, seseorang istri yang baik dan juga setia, hendak senantiasa menemaninya, dan juga tidak meninggalkannya di dikala teman berbuat demikian terhadapnya. sebagaimana yang dirasakan nabi ayyub alaihis salam

nabi ayub dahulunya kaya raya, tetapi allah setelah itu mengujinya dengan kemiskinan dan juga penyakit. tetapi si istri senantiasa setia dan juga tidak tahu penat, meladeni nabi ayub yang lagi sakit itu dengan seluruh kasih mesra dan juga dengan bersusah - payah.

seluruh kesakitan yang dialami nabi ayub, seakan - akan ia seorang diri turut menderitanya pula. nabi ayub senantiasa dihibur dan juga diladeninya. perihal ini menampilkan keimanan seseorang isteri yang kokoh dan juga teguh.

hari - hari mereka berikutnya penuh dengan penderitaan, terlebih lagi melonjak lagi, lebih besar dan juga lebih hebat. penghinaan dan juga ejekan juga tiba dari orang - orang sisa kawan dan juga temannva dulu kala dia masih kaya raya.

mereka bukan kasihan dan juga tiba membantu, namun mereka keberatan apabila nabi ayub dan juga isterinya senantiasa berposisi di rumahnya dan juga bertetangga dengan mereka. mereka bukan cuma terasa jijik aja memandang nabi ayub, namun pula cemas kalau - kalau penyakitnya yang hebat itu mampu meluas kepada mereka.

dengan tidak menyimpan perasaan sedikitpun, mereka menghadiri istrinya dan juga mengatakan: kami cemas bahwa penyakitnya ayub berpindah kepada anak - cucu kami, karena itu keluarkanlah ayub dari mari ataupun kami hendak mengeluarkannya bahwa engkau tidak ingin mengeluarkannya.

mendengar perkataan yang kesat dan juga menyayat perasaan itu, si isteri yang setia itu senantiasa sabar dalam tangisnya. ia keluarkan segenap tenaga yang terdapat padanya, buat memangku suaminya dan juga membawanya ke luar kampung dan juga tinggal di suatu pondok yang sudah ditinggalkan orang.

di sanalah nabi ayub beserta isterinya menanggungkan derita lahir dan juga batin, dengan penuh kesabaran dan juga keimanan yang tidak sempat putus.

buat penghidupannya, si istri terpaksa bekerja memotong - motong roti pada seseorang orang dagang roti. tiap petang ia kembali menjumpai suaminya, dengan bawa sebagian potong roti yang dihadiahkan orang kepadanya.

namun sehabis orang ramai ketahui, kalau itu merupakan isteri nabi ayub, hingga orang dagang roti itupun tidak ingin ia bekerja lagi bagaikan tukang potong roti, karna kawatir bila penyakit ayub itu menulari roti yang hendak dijualnya.

kerana tidak terdapat lagi pekerjaan dan juga santapan, hingga sebagian hari lamanya, baik nabi ayub dan juga istrinya tidak makan dan juga minum sedikitpun. dan juga kala mereka sudah tidak tahan menahan lapar dan juga dahaga, kemudian si istri memohon izin kepada nabi ayub buat berangkat berikhtiar mencari santapan dan juga minuman. tidak lama setelah itu ia kembali berulang dengan bawa sepotong roti dan juga air minum.

sehabis nabi ayub memandang sepotong roti fresh yang dibawa isterinya itu, nabi ayub mengira kalau isterinya sudah menjual kehormatan pribadinya buat memperoleh sepotong roti itu.

kemudian si istri menggambarkan kepada nabi ayub, gimana triknya dia memperoleh roti itu: saya bukan menjual kehormatan diriku, saya berlindung diri kepada allah dari seluruh perbuatan yang menodai diriku. roti ini saya mampu dengan menukarkan rambutku yang panjang.

memandang peristiwa itu, nabi ayub amat berkecil hati hatinya, kemudian ia menangis, bukan menangisi nasibnya, namun menangisi rambut isterinya, karna diantara yang amat menarik hatinya terhadap isterinya merupakan rambutnya yang panjang.

hingga berkatalah si istri: janganlah engkau menangisi rambutku yang sudah lenyap. rambut itu hendak berkembang berulang dan juga bisa jadi hendak lebih indah dari yang sudah lenyap itu.

demikianlah katanya menghibur suaminya. mendengar jawapan isterinya itu, nabi ayub terasa bahagia hatinya. ia berulang bersyukur, bertasbih, bertakbir memuji - muji allah.

karna keimanannya kepada allah dan juga rasulnya, rahmat ilahiyah juga kesimpulannya turun kpd ayyub dan juga pula kpd istrinya, yg tidak meninggalkan dia kala sakit dan juga tertimpa bencana.

allah mengembalikan kekayaan dan juga kesejahteraan kepadanya, serupa semula. begitu allah merahmati istri nabi ayub, dan juga memuliakannya atas kesabarannya berbarengan suaminya dan juga membimbingnya kpd kemanisan taat dibawah naungan keridhoan allah ta`ala.

begitu, cerita diatas merupakan sarat dgn pelajaran berharga dan juga ibrah untuk para istri yang mempunyai hati nurani, kalau dunia merupakan ladang akhirat. tidak hanya itu, dalam menemani suami tentulah kita butuh buat melatih diri mengendarai kendaraan tabah, tidak berkeluh kesah atas bencana yang menimpanya, bersungguh2 dalam melakukan hak allah pada pribadinya, dan juga tdk marah terhadap qadha dan juga takdir yg terjalin.

percayalah, kala para suami kita mempunyai kelebihan rejeki, insyaallah hendak dikasih kepada kita nantinya buat penuhi kebutuhan rumah tangga. lihatlah betapa merekapun telah menghabiskan banyak waktunya buat keluarga, hingga buat siapa lagi mereka memperjuangkan nafkah keluarga bahwa bukan buat kita para istri dan juga anak - anak kita?

percayalah kalau dunia ini benar berbalik. bisa jadi dikala ini kita di dasar, tetapi dapat aja sesuatu dikala kita diatas. dan juga kala kita dibawah, seperti itu malah peluang yang dikasih allah buat menampilkan jati diri kita, mutu kita bagaikan seseorang istri yang tetap mendampinginya. sampai - sampai kettika datang waktunya kita wajib berposisi diatas, keyakinan suami atas kita insyaallah tidak hendak tergantikan.

kala jiwa kita masih berontak dengan bermacam perasaan was - was, hingga yakinlah, kalau seluruh di dunia ini, memiliki waktu sendiri - seorang diri atas mulai ataupun berakhirnya suatu, juga demikian insyaallah dengan seluruh ketiadaan yang terdapat pada kita.

asal kerja keras dan juga tawakkal tidak kita pangkas, hingga allah hendak senantiasa membantu hamba - hambanya. banyak - banyak bersyukur, insyaallah allah hendak menaikkan nikmat - nya. sesekali terdapat baiknya kita memandang ke dasar, karna betapa banyak orang yang hidupnya jauh lebih sulit dibanding kita saat ini.






( sumber: voa - islam. com | wajibbaca. com )

Subscribe to receive free email updates: