Dekat-dekat Adzan Subuh Adalah Waktu Terbaik Makan Sahur

Sebagian kalangan muslimin salah mengerti menimpa waktu makan sahur dan juga pula sudah mengendap kokoh uraian yang galat ialah, di mana kala waktu imsak sudah datang hingga orang yang berpuasa manahan diri dari makan dan juga minum bagaikan wujud kehati - hatian.

yang benar, malah kebalikannya, ialah mendekati waktu - waktu kala imsak bagi mereka merupakan waktu yang tersadu buat makan sahur. berikut pembahasannya.

waktu makan sahur
waktu makan sahur merupakan adzan kesatu (timbulnya fajar kadzib, belum masuk waktu shalat subuh) hingga adzan kedua (timbulnya fajar shadiq, sudah masuk waktu shalat subuh).

di era rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, adzan kesatu dikumandangkan oleh bilal bin rabah sebaliknya adzan kedua dikumandangkan oleh ibnu ummi maktum.

rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ بِلاَلاً يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُؤَذِّنَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ

“bilal biasa mengumandangkan adzan di malam hari. makan dan juga minumlah hingga kamu mendengar adzan ibnu ummi maktum. ”

dia shallallahu ‘alaihi wa sallam pula bersabda,
الفَجْرُ فَجْرَانِ ، فَجْرٌ يُحْرَمُ الطَّعَامُ وَتَحِلُّ فِيْهِ الصَّلاَةُ ، وَفَجْرٌ تُحْرَمُ فِيْهِ الصَّلاَةُ (أَيْ صَلاَةُ الصُّبْحِ) وَيَحِلُّ فِيْهِ الطَّعَامُ

“fajar terdapat 2 berbagai:

1. fajar diharamkan buat makan dan juga dihalalkan buat shalat (ialah fajar shadiq, fajar masuknya waktu shalat shubuh)

2. fajar yang diharamkan buat shalat (ialah shalat shubuh) dan juga dihalalkan buat makan (ialah fajar kadzib, fajar yang timbul saat sebelum fajar shadiq). ”

catatan:
orang yang makan jam 2 malam ataupun jam 3 malam dengan hasrat makan sahur, hingga makannya tidak terhitung makan sahur melainkan cuma makan malam biasa. dan juga bila dia tidak makan sahur setimpal waktunya hingga dia tidak memperoleh keutamaan dan juga barakah makan sahur.

apa itu fajar kadzib dan juga fajar shadiq?
dalam kitab watak shaum nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dipaparkan,
و اعلم – أخي المسلم – أن: الفجر الكاذب هو البياض المستطيل الساطع المصعد كذنب السرحان, و الفجر الصادق هو الأحمر المسبطير المعترض على رؤوس الشعاب و الجبال, المنتشر في الطرق و السكك و البيوت, و هذا هو الذي تتعلق به أحكام الصيام و الصلاة

“ketahuilah wahai saudaraku muslim, kalau fajar (terdapat 2) :

1. fajar kadzib ialah corak putih yang memancar panjang menjulang serupa ekor fauna gembalaan,

2. fajar shadiq ialah corak memerah yang bersinar dan juga nampak di atas puncak bukit dan juga gunung - gunung, tersebar di jalanan dan juga jalur raya dan atap - atap rumah. fajar inilah yang berkaitan dengan hukum - hukum puasa dan juga shalat. ”

dari samurah radhiallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا يغرنكم أذان بلال و لا هذا ال بياض لعمود الصبح حتى يستطير

“janganlah kamu tertipu/salah kira dengan adzannya bilal (adzan kesatu, pent) dan juga jangan pula tertipu/salah kira dengan corak putih (fajar kadzib, pent) yang memancar ke atas hingga melintang. ”

dari thalq bin ali, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كلوا و اشربوا و لا يغرنكم الساطع المصعد, و كلوا و اشربوا حتى يععترض لكم الأحمر

“makan dan juga minumlah, jangan kamu tertipu/salah kira dengan fajar yang memancar ke atas (fajar kadzib) , makan dan juga minumlah hingga corak merah membentang (fajar shadiq). ”

catatan waktu imsak
waktu imsak ialah menahan diri dari makan dan juga minum dekat 15 menit saat sebelum adzan dengan iktikad berwaspada, hingga perihal ini tidak terdapat ajarannya dalam islam terlebih lagi berlawanan dengan ajaran islam.

hendak namun ini tersebar luas di sebagian besar kalangan muslimin, terpampang di agenda waktu puasa dan juga shalat, diumumkan di radio dan juga tv terlebih lagi diumumkan di masjid - masjid lewat pengeras suara.

asumsi yang salah kala datang waktu imsak merupakan tidak boleh makan dan juga minum lagi. yang benar merupakan menahan diri makan dan juga minum kala datang waktu shalat subuh ataupun terbit fajar shadiq.

allah ta’ala berfirman,
وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

“dan makan minumlah sampai cerah bagimu benang putih dari benang gelap, ialah fajar. ” (angkatan laut (AL) baqarah: 187)

arti benang putih dan juga benang gelap merupakan kiasan, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إنما ذلك سواد الليل و بياض النهار

“maksud ayat tersebut merupakan hitamnya malam dan juga putihnya siang. ”

waktu mendekati imsak merupakan malah waktu tersadu buat makan sahur
karna tercantum sunnah merupakan mengakhirkan makan sahur, ialah makan sahur pada waktu bersebelahan dengan shalat subuh (fajar shadiq)

‘amr bin maimun al - audi mengatakan,
كَانَ أَصْحَابُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَسْرَعَ النَّاسِ إِفْطَارًا وَأَبْطَأَهُمْ سَحُوْرًا

dulu para teman nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan orang - orang yang amat lekas berbuka dan juga amat lelet sahuur. ”

dari zaid bin tsabit radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan,
عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ – رضى الله عنه – قَالَ: تَسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ. قُلْتُ كَمْ كَانَ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُورِ قَالَ قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً.

“kami makan sahur berbarengan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, setelah itu dia berdiri buat melaksanakan shalat”.

(anas bertanya kepada zaid bin tsabit) : “berapa lama jarak antara adzan dan juga sahur? ” zaid menanggapi, “kira - kira (membaca) 50 ayat (al - qur’an) ”

begitu pula kala lagi makan dan juga minum setelah itu terdengar adzan hingga dia sebaiknya melanjutkan makan dan juga minumnya.
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « إِذَا سَمِعَ أَحَدُكُمُ النِّدَاءَ وَالإِنَاءُ عَلَى يَدِهِ فَلاَ يَضَعْهُ حَتَّى يَقْضِىَ حَاجَتَهُ مِنْهُ ».

dari abu hurairah, dia mengatakan; rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “apabila salah seseorang diantara kamu mendengar adzan, sebaliknya bejana (santapan) masih terdapat di tangannya, hingga janganlah dia meletakkannya sampai dia menuntaskan hajatnya (sahurnya). ”

terlebih lagi bila tidak mendengar adzan setelah itu seketika mendengar iqamat shalat subuh hingga boleh melanjutkan hajatnya.
عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ: أُقِيْمَتِ الصَّلَاةُ وَالْإِنَاءُ فِي يَدِ عُمَرَ، قَالَ: أَشْرَبُهَا يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: نَعَمْ! ، فَشَرِبَهَا (بطريقين وهو صحيح)

dari abi umamah, ia mengatakan: “shalat (subuh) sudah diiqomati, wadah minuman masih berposisi di tangan umar, ia bertanya: “apakah saya boleh meminumnya wahai rasulullah? ” nabi n menanggapi: “ya”. hingga umar meminumnya”.

dan juga imsak nyatanya sudah terdapat pula di era ibnu hajar al - asqalani rahimahullah, dia mengingkarinya dan juga mengatakan,
من البدع المنكرة ما أحدث في هذا الزمان من إيقاع الأذان الثاني قبل الفجر بنحو ثلث ساعة في رمضان واطفاء المصابيح التي جعلت علامة لتحريم الأكل والشرب على من يريد الصيام زعما ممن أحدثه أنه للاحتياط في العبادة ولا يعلم بذلك الا آحاد الناس وقد جرهم ذلك إلى أن صاروا لا يؤذنون الا بعد الغروب بدرجة لتمكين الوقت زعموا فاخروا الفطر وعجلوا السحور وخالفوا السنة فلذلك قل عنهم الخير وكثير فيهم الشر والله المستعان

“termasuk bid’ah yang munkar merupakan apa yang terjalin di era ini (era ibnu hajar) ialah terdapatnya pengumandangan adzan kedua 3 perempat jam saat sebelum waktu fajar bulan ramadhan. dan memadam lampu - lampu bagaikan tanda - tanda telah datangnya waktu haram buat makan dan juga minum untuk yang berpuasa keesokan harinya. orang yang berbuat serupa ini berpikiran kalau perihal itu dimaksudkan buat berwaspada dalam beribadah, karena yang mengenali persis batasan akhir sahur cuma segelintir manusia. perilaku hati - hati yang demikian, pula menimbulkan mereka tidak diijinkan buat berbuka puasa kecuali sehabis matahari terbenam sebagian dikala supaya lebih membenarkan waktu. dampaknya mereka suka mengakhirkan waktu berbuka puasa, suka menyegerakan waktu sahur, dan juga suka menyelisihi sunnah. oleh karena seperti itu mereka sedikit memperoleh kebaikan, namun banyak memperoleh keburukan. ”

alhamdulillahi rabbil ‘alamiin.






( sumber: muslimafiyah. com )

Subscribe to receive free email updates: