Madinah, Kota Sejuta Cahaya

Kota sejuta sinar. seperti itu julukan buat tanah al - madinah al - munawwarah.

keelokan namanya setimpal dengan realitanya. di masa rasulullah saw dan juga khulafa ar - rasyidin, kota ini jadi sentral pusat dakwah buat menyebarkan sinar islam ke segala penjuru dunia, tidak hanya itu pula menggambarkan pusat pengajaran ilmu agama, pengetahuan dan juga pemerintahan.

kemilau kota madinah pula diisyarati dengan nama - nama indah yang menempel padanya. antara lain madinatun - nabi (kota nabi) , madinatur - rasul (kota rasul) , taiba ataupun tayyibah yang berarti baik, qaryah al - anshar (perkampungan kalangan penolong) , al - ‘ashimah (ibukota) , al - mubarakah (yang penuh berkah) , al - mukhtarah (yang terpilih).

julukan yang lain merupakan bayt rasulullah (rumah utusan allah) , sayyidah al - buldan (tuan dari seluruh negara) , dar al - iman (wilayah keimanan) , dar as - sunnah (wilayah sunnah nabi) , dar as - salam (wilayah yang damai) , dar al - haram (tempat suci) , dan juga lain - lain.

sedikitnya terdapat 94 julukan indah untuk kota suci kedua kalangan muslimin itu. tetapi yang amat masyhur merupakan nama al - madinah al - munawwarah.

keelokan kota madinah pula ditunjang dengan keadaan alam yang elok. barisan bukit mengelilingi segala kota dan juga berupa seperti piring terbuka. gemerlap lampu - lampu indah nampak amat menawan kala penduduk ataupun peziarah merambah kota pada malam hari dari dataran besar.

secara geografis, kota madinah terletak antara 39 - 40 derajat garis bujur timur dan juga 24 - 25 garis lintang utara. posisinya di dataran besar nejd dan juga wilayah tepi laut tihamah, setinggi 660 m di atas permukaan air laut. jaraknya dari kota makkah dekat 450 kilometer, dari riyadh hampir 1000 kilometer, dan juga dari laut merah kurang lebih 275 kilometer.

tanah di kota madinah populer produktif karna semenjak era dulu menggambarkan oase besar yang terdapat di tengah - tengah gurun pasir.

di sebelah selatan, kota ini berbatasan dengan bukit air, disebelah utara dengan bukit uhud dan juga tsur, dan juga di sebelah timur dan juga barat dengan gurun pasir harah. apabila turun hujan, lembah itu jadi tempat pertemuan aliran - aliran air yang berasal dari selatan dan juga timur.

tidak mengherankan bila madinah menciptakan sayur - mayur dan juga buah - buahan dalam jumlah besar, serupa kurma, jeruk, pisang, delima, persik, anggur, dan juga ara. sebagian besar penduduknya pada era dulu hidup dengan bercocok tanam, dan juga sebagian yang lain berdagang dan juga beternak.






( sumber: kabarmakkah. com )

Subscribe to receive free email updates: